Mengasihi Bukan Dengan Kata-kata
Kalangan Sendiri

Mengasihi Bukan Dengan Kata-kata

Lori Official Writer
      1963

Ayat Renungan:

1 Yohanes 3:18, "Hai anak-anakku, janganlah kita mencintai dengan perkataan atau dengan lidah saja, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran."

 

Adalah mudah bagi kita untuk menyampaikan kata-kata tetapi kita seringnya gagal melakukannya dengan tindakan kita. Dalam kehidupan kekristenan kita, mungkin kita juga masih mengalaminya. Banyak dari kita yang mungkin masih gagal membagikan iman percaya kita kepada orang lain dengan tindakan. 

Hari ini kita mau belajar tentang apa yang disampaikan dalam 1 Yohanes 3: 18, “Hai anak-anakku, janganlah kita mencintai dengan perkataan atau dengan lidah saja, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran." Kita diingatkan melalui ayat ini untuk mengasihi orang lain bukan hanya dengan kata-kata atau perkataan saja tetapi melalui tindakan dan kebenaran.

1 Yohanes 3: 11-12 kita diingatkan untuk saling mengasihi dan diberikan standar untuk mengasihi saudara kita. Kita tidak cukup hanya merasakan kasih atau memberikan simpati kepada mereka yang membutuhkan pertolongan. Tapi kita harus berkorban dan bermurah hati untuk orang lain. Ini adalah level kasih yang jauh lebih tinggi, sama seperti teladan Kristus yang mengorbankan diri-Nya untuk kita.

Apakah kita adalah orang-orang yang sudah rela menyerahkan hidup fisik kita untuk orang lain karena kita begitu berbelaskasihan akan kebutuhannya? Orang-orang percaya dikenal oleh dunia karena tindakannya yang senang menolong orang lain dan bertindak dari hati yang tulus karena didorong oleh kuasa injil. Inilah yang diungkapkapkan Alkitab bahwa dari buahnya kita akan mengenal orang-orang percaya. Yohanes sendiri menyampaikan bahwa sebagai pengikut Kristus, kita bukan orang yang hanya sekadar berkata bahwa kita mengasihi orang lain. Tapi bagaimana kita menjalani hidup kita dan menjadi saksi hidup bagi orang lain.

Mari memandang kepada kasih dan pengorbanan Kristus atas hidup kita. Sehingga kita bisa mewujudkan kasih tersebut melalui tindakan kita.

 

Action: Mari periksa dirimu, apakah kamu sudah membagikan kasih Tuhan melalui tindakanmu? Ajak pasangan, teman maupun kelompok selmu untuk mengambil tindakan sederhana bagi orang-orang di sekitar kalian di minggu ini.

Ayat Hafalan: Matius 5: 16, “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Ikuti Kami